Wednesday, November 24, 2010

Antara Basel dan Barcelona

Sudahkah anda tahu sejarah Barcelona dan FC BAsel ????
Sesungguhnya Barcelona adalah adik dari FC Basel, karena FC Basel dan Barcelana adalah tim yang didirikan oleh seorang yang berasal dari Swiss.

Basel - Barcelona akan melawat ke markas FC Basel di laga matchday 3 Liga Champions. Bukan sebuah laga biasa karena kedua klub memiliki tautan sejarah yang erat. Karena dari Basel-lah, embrio Barcelona berasal.

Sebelum partai Basel kontra Barcelona digelar, Kamis (23/10/2008) dinihari WIB, Basel menggelar sebuah pameran di museum yang terletak di stadion mereka, St Jakob Park. Dalam pameran itu, ditunjukkan kiprah seorang pebisnis dan mantan pemain Basel Hans Gamper yang hijrah ke Spanyol dan lantas membentuk FC Barcelona tahun 1899.

Menurut kabar dari mulut ke mulut, Gamper memilih kostum biru-merah untuk Barcelona berbasis pada kostum dengan warna nyaris sama milik Basel, yang didirikan enam tahun sebelum Barca lahir.

"Sedihnya, tak ada dokumen historis yang membuktikan bahwa kaos Barcelona itu berdasar pada kaos Basel. Namun bukti-bukti keadaan saat itu sudah mencukupi," kata Ketua Koleksi Museum Olahraga Swiss Hans-Dieter Gerber kepada Reuters.

"Fakta bahwa Gamper pergi ke Spanyol dan membentuk FC Barcelona yang mulai bermain dengan warna kaos yang nyaris sama dengan yang ia pakai ketika ia mengapteni Basel membuktikan bahwa cerita itu cukup kredibel," papar Gerber.

Sekitar 109 tahun silam, Gamper membentuk FC Barcelona dengan memasang iklan di koran yang mengajak pemain-pemain sepakbola untuk bergabung dengannya.

Gamper lebih dikenal dengan nama versi Catalan-nya, Joan. Bersama Azulgranas, Gamper tampil sekitar 50 kali dan menyumbangkan lebih dari 100 gol bagi tim yang kini menjadi salah satu raksasa Spanyol itu.

Pengakuan terhadap jasa Gamper dibuktikan dengan pembuatan sebuah patung lilin yang disimpan di musem Stadion Camp Nou. Selain itu, sebuah turnamen pra musim bertajuk Joan Gamper Tournament selalu dihelat semenjak tahun 1966.

Namun kisah Gamper sendiri tak berakhir bahagia. Karena dituding mendukung nasionalisme Catalunya, pria kelahiran Winterthur tahun 1877 itu diusir pulang ke Swiss sebelum akhirnya bunuh diri tahun 1930 karena ia menderita kerugian besar menyusul kehancuran Wall Street tahun 1929.

Gerber mengungkapkan bahwa ketika ia sedang melakukan riset sebelum pameran, seorang cucu Gamper di Spanyol mengatakan bahwa nama Gamper menjadi tabu untuk diucapkan di dalam keluarga karena bunuh diri Gamper tidak bisa diterima di sebuah keluarga Katolik.

0 comments:

Post a Comment